Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Saturday, January 4, 2020

Mengenal Sosok Victor Grignard dan Reagen Grignard

0 comments

https://www.kimia100.com/?m=1
Mengenal Sosok Victor Grignard dan Reagen Grignard

Victor Grignard (lahir 6 Mei 1871 di Cherbourg, wafat 13 Desember 1935 di Lyon) adalah seorang kimiawan Prancis. Ia menemukan cara membuat organomagnesium halida (RMgX) saat bekerja untuk meraih gelar Ph.D. Atasannya, Barbier, telah mencoba membuatnya selama beberapa lama, tetapi si jenius Victor lah yang mengatasi masalah tersebut. Penemuan ini pada tahun 1901 mengubah reaksi kimia organik dan membuatnya memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1912. Senyawa yang ditemukannya tersebut dikenal dengan nama Reagen Grignard. 


Fran├žois Auguste Victor Grignard lahir di Cherbourg, Prancis pada 6 Mei 1871, ia merupakan anak seorang pembuat layar. Setelah belajar matematika di Lyon ia beralih ke kimia dan menemukan reaksi sintetis dengan namanya (reaksi Grignard) pada tahun 1900. Ia menjadi profesor di University of Nancy pada tahun 1910 dan dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada  tahun 1912. Selama Perang Dunia ia belajar perang agen kimia, khususnya pembuatan fosgen dan deteksi gas mustard. Rekannya yang berwarga negara Jerman yang juga seorang kimiawan pemenang Hadiah Nobel adalah Fritz Haber.

Reksi Grignard

Reaksi Grignard adalah reaksi kimia organologam di mana alkil - atau Aril-magnesium halides (reagen Grignard) menambah gugus karbonil Aldehida atau keton. Reaksi ini adalah alat penting untuk pembentukan ikatan antar karbon. Reaksi Halida organik dengan magnesium bukan reaksi Grignard, tetapi menyediakan peraksi Grignard. Pereaksi Grignard memiliki rumus umum RMgX dimana X adalah sebuah halogen, dan R adalah sebuah gugus alkil atau aril (berdasarkan pada sebuah cincin benzen). Pereaksi Grignard sederhana bisa berupa CH3CH2MgBr.

Mekanisme reaksi
https://www.kimia100.com/?m=1
Mekanisme raksi grignard

Reagen Grignard berfungsi sebagai nukleofil, menyerang atom karbon elektrofilik yang hadir dalam ikatan polar gugus karbonil. Penambahan pereaksi Grignard untuk karbonil biasanya dihasilkan melalui keadaan transisi enam-beranggota cincin.

https://www.kimia100.com/?m=1
Reagen Grignard

Namun, dengan terhalangnya pereaksi Grignard, reaksi dapat dianjutkan dengan transfer elektron tunggal. Jalur serupa diasumsikan untuk reaksi lain dari reagen Grignard, misalnya, dalam pembentukan ikatan antara karbon-fosfor, timah-karbon, karbon-silikon, boron-karbon dan karbon-heteroatom.

Reaksi Grignard merupakan cara penting untuk mempersiapkan senyawa organik dari molekul prekursor yang lebih kecil. Untuk pekerjaan ini, Grignard dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada tahun 1912 bersama-sama dengan rekan-rekan senegaranya, Prancis Paul Sabatier.

Fran├žois Auguste Victor Grignard meninggal pada 13 Desember 1935 (umur 64) di  Lyon, Prancis.

Sumber: Wikipedia dan blogpenemu

No comments:

Post a Comment