Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, February 25, 2020

Mengenal Ikatan Hidrogen dari Sisi Lain

0 comments

Ikatan hidrogen adalah gaya tarik yang terjadi jika hidrogen yang terikat secara kovalen pada atom yang sangat elektronegatif juga terikat dengan lemah kepada pasangan elektron tanpa pasangan milik atom elektronegatif dari molekul yang sama atau dari molekul yang ada di dekatnya. Ikatan hidrogen selalu melibatkan hidrogen karena hidrogen adalah satu-satunya unsur yang reaktif yang elektron valensinya tidak terperisai oleh lapisan elektron lain di seputar inti. Pemakaian elektron bersama yang tidak seimbang dalam ikatan kovalen yang sangat polar di antara hidrogen dan atom elektronegatif seperti oksigen, nitrogen, atau fluor menyebabkan inti hidrogen benar-benar kekurangan elektron.

Hidrogen mengatasi kekurangan elektronnya dengan jalan memakai bersama pasangan elektron tanpatungan milik atom elektronegatif yang ada di dekatnya. Ikatan hidrogen yang dihasilkan, yaitu yang terkuat di antara gaya-gaya lemah, mempunyai kekuatan sekitar 5% dari ikatan kovalen rata-rata. Ikatan hidrogen sangat penting dalam menentukan sifat air dan molekul hayati seperti protein.

https://www.kimia100.com/
Mengenal Ikatan Hidrogen dari Sisi Lain

Gambar diatas menunjukkan ikatan hidrogen di antara molekul air. Di dalam air, setiap molekul berubah kedudukan dengan saling bergeser; tetapi karena adanya ikatan hidrogen, kebanyakan molekul tak mempunyai cukup energi kinetik untuk melepaskan diri. Ikatan hidrogen adalah penyebab tingginya titik didih dan tingginya tegangan permukaan, yaitu dua di antara banyak sifat yang tak lazim.



No comments:

Post a Comment