Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Sunday, March 22, 2020

Radiasi Elektromafnetik I

0 comments
Belajar kimia kali ini akan mengajak kamu semua buat belajar Radiasi Elektromagnetik. Yuk kita mulai.

Radiasi elektromagnetuk merupakan energi yang di pancarkan menembus ruang dalam bentuk gelombang-gelombang. Tiap tipe radiasi elekteomagentik (gelombang radio, ultra violet, dan lain-lain). Dicirikan oleh panjang gelombang (wavelengt). Yaitu jarak antara puncak panjang gelombang yang satu ke puncak gelombang berikutnya.

Untuk spektrum keseluruhan dari radiasi  elektromagnetik akan di paparkan dalam gambar berikut:

https://www.kimia100.com/?m=1
Panjang Gelombang Radiasi Elektromagnetik

Panjang gelombang cahaya tampak berkisar antara 400-750 nm (1 nm=10-9 m), namun daerah tampak ini hanya bagian kecil dari seluruh penampakan spektrum elektromagnetik. Panjang gelombang yang lebih pendek dari pada panjang gelombang cahaya tampak adalah daerah ultraviolet. Sedangkan yang lebih panjang adalah inframerah.

https://www.kimia100.com/?m=1
Spektrum elektromagnetik


Disamping dicirikan oleh panjang gelombang, radiasi dapat di cirikan oleh frequency yang di definisikan sebagai banyaknya daur lengkap pada tiap detiknya  yang juga disebut Hertz (Hz) yang dapat di lihat pada gambar berikut: 
https://www.kimia100.com/?m=1
Frekuensi radiasi elektromagnetik


Radiasi dengan frekuensi lebih tinggi mengandung lebih banyak gelombang perdetik. Oleh karena itu panjang gelombangnya haruslah lebih pendek (panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik). Hubungan itu dapat diungkapkan dalam persamaan matematik berikut:

https://www.kimia100.com/?m=1


No comments:

Post a Comment