Inisiator dan Inhibitor Radikal Bebas - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, April 28, 2020

Inisiator dan Inhibitor Radikal Bebas

Belajar Kimia-Suatu inisiator  radikal bebas itu adalah zat yang mengawali terjadinya suatu reaksi rdikal bebas. Kerja cahaya yang menyebabkan halogenasi radikal bebas adalah kerja suatu inisiator.

Pada beberapa reaksi ada senyawa inisiator yang ditambahkan untuk mengawali suatu reaksi radikal bebas, namun kadangkala banyak orang yang salah karena menyebut senyawa ini sebagai katalis radikal bebas, padahal senyawa ini bukan katalis karena habis dalam reaksi tersebut.

Senyawa yang mudah terurai menjadi radikal bebas dapat bertindak sebagai inisiator. Salah satu contohnya adalah Peroksida (COOR).  Peroksida mudah membentuk radikal bebas disebabkan oleh energi disosiasi pada ikatan RO-OR yang lebih rendah daripada kebanyakan ikatan. Benzoil peroksida dan asam peroksibenzoat adalah dua senyawa yang lazim digunakan sebagai pasangan brominasi.

https://www.kimia100.com/?m=1

Inhibitor radikal bebas merupakan pengahambat reaksi radikal bebas. Suatu inhibitor yang digunakan untuk menghambat  auto oksidasi disebut antioksidan, pada indsutri makanan disebut pengawet. Fenol senyawa dengan gugua OH yang terikat pada cincin aromatik merupakan salah satu antioksidan yang sangat efektif. Hal ini disebabkan senyawa radikal bebas akan tersestabilkan secara resonansi.

https://www.kimia100.com/?m=1

Salah satu contoh pengawet makanan adalah BHT.

https://www.kimia100.com/?m=1



No comments:

Post a Comment