Manfaat serta Kegunaan Aldehida dan Keton yang Penting - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Wednesday, April 22, 2020

Manfaat serta Kegunaan Aldehida dan Keton yang Penting

Belajar Kimia-Berbagai aldehida dan keton telah di isolasi dari tanaman dan hewan, banyak diantaranya adalah berbobot molekul tinggi dan berbau sedap. Senyawa-senyawa ini pada umumnya dikenal dengan nama biasa yang menyatakan sumber alam atau nama khasnya. Aldehida aromatik banyak digunakan sebagai penyedap, benzaldehida salah satunnya yang merupakan merupakan minyak dari buah badam yang baunya khas dan enak. Sinamaldehida memberikan bau khaa pada minyak kayu mania (sinamon). Vanilin yang memberi rasa khas pada vanili yang mashur, dulu vanilin diperoleh dari jenis buah anggrek yang merambat tapi sekarang sudah di produksi secara sintesis.

https://www.kimia100.com/?m=1

Vanilin ini juga amat menarik hal ini disebabkan larena vanilin mempunyai beberapa gugua fungsi yang berbeda. Didalamnya ada gugus fungsi aldehida dan cincin aromatik yang menjadikannya sebagai aldehida aromatik.

Kemper adalah keton alam yang diperoleh dari kulit pohon kemper berbau tajam dan enak. Sejak dulu sudah di kenal sebagai obat, sebagai analgetik pada obat gosok.

Beta ionin dan muskon digunakan pada minyak wangi. Senyawa ini memiliki cincin dengan 15 karbon.

https://www.kimia100.com/?m=1

Formaldehida merupakam aldehida paling sederhana yang berupa gas dan tak berwarna dengan bau menyengat. Senyawa ini punya peranan penting dalam industri dan sulit menanganinya dalam bentuk gas. Formaldehida biasanya tersedia dalam larutan 40% yang disebut formalin atau sebagai polimer putih padat yang dikenal sebagai paraformaldehida. Jika senyawa ini dipanaskan perlahan-lahan maka akan terurai dan melepaskan formaldehida.

https://www.kimia100.com/?m=1

Formalin banyak dimanfaatkan dalam memgawetkan spesimen hayati. Formaldehida yang ada dalam larutan bergabung dengan protein dari jaringan sehingga membuatnya keras dan tak larut air. Keadaan ini lah yang mencegah pembusukan spesimen. Formalin juga dapat digunakan sebagai antiseptika umum.

Penggunaan terbesae formaldehida adalah dalam industri resin sintetik. Jika formaldehida berpolimer bersama fenol maka terbentuk resin formaldehida disebut bakelit yang digunakan sebagai penyekat isulator listrik yang baik.

https://www.kimia100.com/?m=1

Asetaldehida adalag cairan yang sangat mudah menguap tak berwarna dan baunya menyengat. Senyawa ini merupakan senyawa serbaguna yang dapat digunakan dalam pembuatan berbagai senyawa. Jika asetaldehida dipanaskan dengan katalis asam maka terjadi polimerasi dan menghasilkan paradelhida.

Dulu paradelhida ini dikenal sebagai obat penenang dan hipnotika. Penggunaanya berkurang karena baunya yang tidak enak  dan sudah ditemukan penggantinya yang lebih baik dan efektif.

No comments:

Post a Comment