Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Wednesday, November 4, 2020

Model Mosaik Cair Untuk Struktur Membran

0 comments

Belajar Kimia-Model mosaik cair untuk struktur membran menyatakan bahwa lipid dari dwilapis selalu bergerak tetap, bergeser dengan cepat dari satu bagian ke bagian lain pada dwilapis. Walau pun lipid bergerak bebas dalam satu lapisan, molekul sulit menyeberang ke lapisan lainnya. 

Di dalam lipid yang selalu bergerak, terdapat molekul protein yang sebagian bergerak, dan sebagian lagi terpaku di tempatnya. menunjukkan dua macam protein membran: keliling dan terpadu. Protein keliling bertengger pada sisi dalam atau luar dari dwilapis. Protein keliling dapat dipindahkan dari membran oleh konsentrasi garam yang tinggi. Protein terpadu dapat terkubur sebagian pada sisi lain dari dwilapis atau bahkan menembusnya.

Banyak protein terpadu adalah glikoprotein. Bagian karbohidrat dan glikoprotein mencuat keluar dari dwilapis, di permukaan dwilapis ini gugus hidroksilnya dapat berikatan hidrogen dengan air. Bagian protein dari glikoprotein membran biasanya hidrofob. Hal ini menjamin adanya antaraksi yang cocok antara protein dengan ekor lipid yang hidrofob di dalam dwilapis. Banyak protein membran memudahkan pengangkutan ion dan molekul keluar masuk sel.

https://www.kimia100.com/?m=1

Gambar diatas menunjukan Asam lemak berantai panjang yang jenuh cenderung lebih lurus dibanding yang memiliki satu atau dua ikatan ganda cis (a). Karena alasan ini, fosfolipid yang kaya akan asam lemak jenuh membentuk lapisan rapat dan kurang lentur (b) dibanding membran yang tersusun dari asam lemak tak jenuh (c).

No comments:

Post a Comment