Yok Belajar Ikatan Kovalen Koordinasi



Adalah ikatan yang terbentuk dengan cara penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan [Pasangan Elektron Bebas (PEB)], sedangkan atom yang lain hanya menerima pasangan elektron yang digunakan bersama.

Pasangan elektron ikatan (PEI) yang menyatakan ikatan dativ digambarkan dengan tanda anak panah kecil yang arahnya dari atom donor menuju akseptor pasangan elektron.

 Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen yang Pasangan Elektron Ikatannya berasal dari salah satu atom yang berikatan. Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi.
 
Ikatan kovalen koordinasi (ikatan dativ) adalah ikatan kovalen di mana salah satu atomnya mendonasikan pasangan elektron yang dimilikinya. Pada ikatan kovalen koordinasi, pasangan elektron ikatannya hanya berasal dari satu atom, bukan dari kontribusi bersama kedua atom yang berikatan

Contoh Senyawa Yang Membentuk Ikatan Kovalen Koordinasi:

NH4+

NH3 + H+ → NH4+

Pada ion amonium NH3, sepasang elektron yang digunakan secara bersama antara atom nitrogen dan ion H+ berasal dari atom nitrogen. Pada senyawa ini, ion amonium membentuk ikatan kovalen koordinasi. Contoh lain sebagai berikut:

 
Yok Belajar Ikatan Kovalen Koordinasi
Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi


Sumber:Kimia ayik, Adra Biz dan Studio Belajar

0 Response to "Yok Belajar Ikatan Kovalen Koordinasi"

Post a Comment

Lifestyle, Passion and Habit