Featured Post

Ayo Belajar Lambang Unsur Untuk Analisis Kualitatif

Ayo Belajar Lambang Unsur Untuk Analisis Kualitatif
Ayo Belajar Lambang Unsur Untuk Analisis Kualitatif

Untuk menyatakan komposisi zat-zat dan menggambarkan perubahan-perubahan kualitatif dan kuantitatif yang terjadi sewaktu reaksi kimia, secara tepat, singkat, dan langsung, kita gunakan lambang-lambang kimia dan rumus-rumus kimia. Mengikuti rekomendasi Berzelius (1811), lambang unsur kimia dibentuk dari huruf pertama nama internasional (Latin)-nya, dan untuk kebanyakan unsur, disertai huruf keduanya yang terdapat dalam nama yang sama. Huruf pertamanya ditulis dengan huruf kapital (huruf besar).

Lambang-lambang demikian adalah: O (oksigen, oxygenium), H (hidrogen, hydrogenium), C (karbon, carbonium), Ca (kalsium, calcium), Cd (kadmium, cadmium), CI (klor atau klorin, clorinium), Cr (krom atau kromium, chromium), Cu (tembaga atau kuprum, cuprum). N (nitrogen, nitrogenium), Na (natrium). K (kalium), dan sebagainya. 

Lambang ini, selain merupakan acuan kualitatif untuk unsur itu, juga sangat berguna dalam kaitan kuantitatif. Secara umum diterima, bahwa lambang unsur itu, menyatakan 1 atom unsur itu, atau dalam beberapa kasus yang lebih spesifik menyatakan 1 gram atom. Jadi, C menyatakan 1 atom unsur karbon atau 1 gram atom (12,011 gr) karbon. Sama halnya dengan O menyatakan satu atom oksigen atau satu gram atom (15,9994 gr) oksigen, H menyatakan satu atom hidrogen atau gram atom (1,0080 gr) hidrogen, dan sebagainya.