Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Thursday, December 19, 2019

Mikroorganisme Bagi Kehidupan Manusia

0 comments
Mikroorganisme Bagi Kehidupan Manusia
Mikroorganisme Bagi Kehidupan Manusia

Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme hidup yang berukuran sangat kecil dan hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Mikroorganisme ada yang tersusun atas satu sel (uniseluler) dan ada yang tersusun atas beberapa sel (multiseluler). 

Walaupun mikroorganisme uniseluler hanya tersusun atas satu sel, namun mikroorganisme tersebut menunjukkan semua karakteristik organisme hidup, yaitu bermetabolisme, bereproduksi, berdiferensiasi, melakukan komunikasi, melakukan pergerakan dan berevolusi.

Organisme yang termasuk ke dalam golongan mikroorganisme adalah bakteri, archaea, fungi (kapang dan khamir), protozoa, algamikroskopis, dan virus. Virus, bakteri dan archaea termasuk ke dalam golongan prokariotik, sedangkan fungi, protozoa, alga mikroskopis termasuk ke dalam golongan eukariot.

Mikroorganisme terdapat di mana-mana. Interaksinya dengan sesama mikroorganisme ataupun dengan organisme lain dapat berlangsung dengan cara yang aman dan menguntungkan maupun merugikan. Mikroorganisme cenderung diasosiasikan dengan penyakit- penyakit infeksi ataupun pembusukan makanan. Akan tetapi, mayoritas mikroorganisme justru memberikan kontribusi bagi keseimbangan ekosistem lingkungan hidup, khususnya bagi kesejahteraan umat manusia.

Peranan mikroorganisme yang menguntungkan bagi kesejahteraan umat manusia antara lain adalah dalam bidang-bidang kesehatan lingkungan dan lain-lain

No comments:

Post a Comment