Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Monday, December 9, 2019

Struktur dan Sifat Air

0 comments
Struktur dan Sifat Air
Struktur dan Sifat Air
Air merupakan zat umum yang paling banyak mengisi bumi, namun banyak diantara kita sering melewatkan sifat-sifat unik dari air. Air merupakan pelarut paling baik buat senyawa ionik, dan untuk berbagai zat lain yang dapat membentuk ikatan hidrogen dengan air.

Kalor jenis dari air juga tinggi. Ini disebabkan karena menaikan suhu air guna meningkatkan energi kinetik rata-rata molekul air. Yang pertama harus diputuskan adalah ikatan hidrogen antar molekul. Maka air dapat menyerap energi kalor melepaskan kalor yang cukup besar untuk menaikan suhunya dengan jumlah yang banyak. Sebaliknya juga berlaku air dapat melepaskan kalor dengan jumlah yang banyak dengan sedikit penurunan suhu. Dengan alasan inilah sejumlah besar air yang ada di danau dan lautan dapat secara efektif menjaga iklim di daratan sekitarnya dengan menyerap kalor pada musim panas dan melepaskan kalor pada musim dingin, dengan hanya perubahan suhu yang kecil dalam air tersebut.

Sifat air yang paling menonjol adalah bentuk padatannya kurang rapat dibandingkan dengan bentuk padatan molekul lain. Untuk memahami mengapa air berbeda, maka kita harus mengkaji struktur molekul H2O.

Walaupun banyak senyawa yang mampu membentuk ikatan hidrogen antar molekul. Perbendaan antar molekul H2O dan molekul polar yang lain seperti NH3 dan HF Adalah bahwa setiap atom oksigen dapat membentuk dua ikatan hidrogen, sifat inilah membuat air berbeda dan istimewa.


No comments:

Post a Comment