Featured Post

Mengenal Boraks Temen Akrab Formalin


Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar. tetapi nama boraks itu sendiri sebenarnya  merujuk pada Natrium Tetraborat Na4B2O7 dan Natrium Tetraborat Pentahidrat Na4B2O7.5H2O . Karna terbentuknya kristal air / H2O mudah pada ruang..  Boraks sering disandingkan dnegan formalin karena sama-sama dianggap berbahaya dan banyak digunakan dalam mengolah makanan.
 
https://www.kimia100.com/
Struktur Molekul Boraks
Sejak tahun 1900an para peneliti mulai meragukan keamanan penggunaan boraks pada pengawetan makanan. setelah melalui proses penelitian panjang, pada tahun 1920 beberapa negara sudah mulai melarang penggunaan boraks untuk makanan, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dalam bentuk tidak murni, sebenarnya boraks sudah diproduksi sejak tahun 1700 di Indonesia, dalam bentuk air bleng. Bleng biasanya dihasilkan dari ladang garam atau kawah lumpur (seperti di Bledug Kuwu, Jawa Tengah).

Rumus Kimia Boraks

Boraks memiliki rumus kimia Na4B2O7.5H2O

Sifat Boraks

1.Boraks mempunyai berat molekul 381,43 dan boraks mempunyai kandungan boron sebesar 11,3%

2.Boraks juga bersifat basa lemah dengan pH (9,15 –9,20)

3.Boraks umumnya larut dalam air kelarutan boraks berkisar antara 62,5 g/L pada suhu 25c° dan kelarutan boraks dalam air akan meningkat dengan peningkatan suhu air tetapi boraks tidak larut dalam senyawa alkohol
 
https://www.kimia100.com/
Kristal Boraks
Fungsi Boraks

Boraks sering digunakan pada produk rumah tangga , antara lain :

    1. Pembersih karat
    2. Pengusir serangga yang efektif
    3. Senyawa tambahan pada pembuatan lilin
    4. Pengawetan organisme biologis
    5. Senyawa tambahan pembersih lantai

Bahaya Boraks Bagi Tubuh

Mengkonsumsi boraks dalam jumlah yang kecil tidak berdampak besar bagi tubuh manusia, tetapi jika dalam mengkonsumsi dalam skala besar bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. boraks yang dikonsumsi tubuh akan menjadi asam borat , senyawa ini yang ketika dikonsumsi dalam tubuh menyebabkan muntah, kerusakan ginjal, sakit perut dan otak.

Sumber: Wikipedia dan rumus-rumus