Natrium Fluorida Senyawa Yang Berkaitan Dengan Gigi - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Thursday, January 9, 2020

Natrium Fluorida Senyawa Yang Berkaitan Dengan Gigi

Natriumfluorida adalah senyawa kimia dengan rumus NaF. Senyawa ini merupakan senyawa padat tidak berwarna yang mudah larut dalam air. Senyawa ini sering digunakan untuk mencegah kerusakan pada gigi.
 
Natrium fluorida
Natrium Fluorida Senyawa Yang Berkaitan Dengan Gigi
Tapi apda umumnya gabungan garam FLUORIDE hanya di sebut fluoride saja. Fluoride adalah kata yang sangat berkaitan erat dengan pasta gigi. Meski banyak orang sering mendengar kata fluoride, namun banyak juga ternyata yang tidak mengetahui apa itu fluoride.

Fluoride adalah salah satu senyawa yang menjadi bahan pembuatan pasta gigi. Senyawa ini disinyalir kebanyakan ahli berfungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat dan. Namun demikian, fluoride dilarang keras untuk dikonsumsi/dimakan langsung.

NaF dibuat dengan menetralisir [asam fluorida] atau asam heksafluorosilikat (H2SiF6). Senyawa-senyawa yang dapat digunakan untuk menetralisir asam-asam tersebut adalah natrium hidroksida dan natrium karbonat. Alkohol kadang-kadang digunakan untuk mengendapkan NaF: 

HF + NaOH → NaF + H2O

Dari larutan yang mengandung HF, natrium fluorida mengendap sebagai garam bifluorida NaHF2. Pemanasan kemudian mengeluarkan HF dan menghasilkan NaF. 

HF + NaF NaHF2

Menurut laporan tahun 1986, konsumsi NaF tahunan di seluruh dunia diperkirakan mencapai jutaan ton.

Garam fluorida sering ditambahkan ke dalam air minum dan beberapa produk makanan di beberapa negara untuk menjaga kesehatan gigi. Fluorida memperkuat gigi dengan membentuk fluorapatit, salah satu komponen enamel gigi. Walaupun natrium fluorida dapat digunakan untuk memfluoridasi air, asam heksafluorosilikat (H2SiF6) dan garamnya, natrium heksafluorosilikat (Na2SiF6), adalah bahan yang lebih sering digunakan untuk melakukan fluorodasi di Amerika Serikat.

Dikutip dari tribunnews.com Berikut ini beberapa fungsi dari fluoride bagi kesehatan gigi:

Mineral pada gigi
Menurut Kompas Health, mineral pada fluoride berfungsi memberikan mineral pada gigi. Hal itulah yang membuat gigi menjadi kokoh, begitupun sebaliknya, tanpa mineral fluoride maka gigi akan menjadi rapuh atau mudah goyang.

Menghilangkan plak
Banyaknya mikroorganisme yang melekat pada gigi atau biasa dikenal dengan istilah plak pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan fluoride akan mencegah mikrooragnisme tersebut untuk tidak menempel pada gigi Anda.

Selagi fluoride masih dalam kandungan yang wajar di dalam pasta gigi, maka fluoride tersebut bermanfaat untuk gigi. Namun bila kandungan fluoride dalam pasta gigi berlebihan, justru akan membuat flurisis pada gigi.

Seperti dikutip Smallcrab bentuk flurisisi skala ringan adalah ditandai dengan munculnya noda-noda putih kecil pada gigi yang tidak terlalu tampak. Namun untuk flurisis yang cukup berat adalah bila sudah muncul noda coklat atau hitam pada gigi dan mengakibatkan gigi mudah untuk retak.


No comments:

Post a Comment