Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Sunday, March 1, 2020

Hidrohalogenasi

0 comments
Hidrogen halida seperri HBr dan HCl dapat bereaksi adisi pada ikatan rangkap 2. Karena hanya mengandung satu subtituen, produknya disebut halokarbon monosubtitusi. Adisi hidrogen klorida pada etena adalah contoh reaksi hidrohalogenasi.

https://www.kimia100.com/?m=1

Adisi hidrogen halida pada alkena yang lebih rumit dari etena pada dasarnya memberikan 2 isomer struktur seperti yang di tunjukan oleh propena.

https://www.kimia100.com/?m=1

Pada hakikatnya, terbentuk dari lebih  dari satu isomer sturktur. Keadaan ini mengikuti aturan Markovnikov yaitu produk utama ialah yang hidrogen dari hidrogen halida nya melekat pada karbon berikatan ganda dua yang mempunha hidrogen lebih banyak. Aturan ini pertama kali di lontarkan oleh ilmuan rusia diatas.

Guna menuliskan produk utama pada reakai ini dimana hidrogen dari reaksi adisi harus dilekatkan. 

Cincin benzena tahan terhadap reaksi adisi, karena adisi akan menghancurkan kemantaoan sistem elektron aromatik. Namun jika benzena direaksikan dengan halogen menggunakan bantuan katalis makan hidrogen pada cincin akan disubtitusikan oleh halogen. Senyawa besi sering digunakan sebagai katalis pada reaksi subtitusi aromatik. Sebagai contoh percobaanya adalah paku yang berkarat dimasukan kedalam labu reaksi.

https://www.kimia100.com/?m=1

Dialama sangat banyak polimer yaitu molekul raksasa yang dibentuk dari satuan  molekul kecil yang terholong halokarbon.

No comments:

Post a Comment