Mengenal Senyawa Nekafungsi - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Thursday, March 5, 2020

Mengenal Senyawa Nekafungsi

Kali ini belajar kimia akan mengulas mengenai nekafungsi, apakah diantara teman-teman ada yang tau senyawa nekafungsi?

Pembahasan gugus fungsi sejauh ini berpusat pada molekul dengan satu gugus fungsi saja. Senyawa organik nekafungsi adalah senyawa dengan gugus fungsi dua atau lebih.

Mari kita lihat dua contoh molekul jenis ini. Tetrahidrokanabinol mengandung tiga gugus fungsi: ikatan eter siklik, gugus hidroksil fenolik, dan ikatan ganda dua karbon-karbon. Kenalkah anda ketiga gugus tersebut dalam molekul tetrahidrokanabinol?

https://www.kimia100.com/?m=1

Ciri struktur apalagi yang anda kenali dari molekul ini? Apakah ada cincin aromatik?

Apakah ada cincin terlakur (polisiklik)? Apakah ada rantai karbon lurus atau bercabang? Berapa banyak gugus metil?

Tetrahidrokanabinol adalah zat aktif dari Cannabis sativa atau tanaman marijuana, yang ditanam di negeri timur untuk diambil seratnya (hemp). Batang dan daunnya dapat dikunyah atau getah polongnya dibuat minuman. Peminumnya mendapat perasaan bahagia yang berasal dari tetrahidrokanabinol. Untuk alasan yang sama, banyak orang di negeri barat sekarang merokok marijuana. Dampak penggunaan marijuana untuk kesehatan dan masyarakat masih diperdebatkan. Salah satu temuan menarik ialah bahwa merokok marijuana mengurangi tekanan cairan bola mata, dan karena itu mungkin dapat membantu menyembuhkan gejala glaukoma (penyakit mata yang berbahaya).

Senyawa berneka fungsi lainnya adalah heksaklorofen, mempunyai halokarbon aromatik dan fenol:

https://www.kimia100.com/?m=1

Heksaklorofen adalah antiseptik yang baik. Dulu zat ini adalah zat yang penting dalam anti hama dan sabun yang digunakan di rumah sakit. Tetapi sekarang penggunaannya dibatasi karena ternyata bayi dari pekerja wanita rumah sakit yang sering mencuci tangan dengan sabun heksaklorofen, mempunyai kecenderungan cacat lahir yang lebih tinggi dibanding bayi yang lahir dari wanita di masyarakat biasa.

No comments:

Post a Comment