Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Friday, May 15, 2020

Gugus Karboksil Gemar Membentuk Ikatan Hidrogen

0 comments

Belajar Kimia-Seperti alkohol, asam karboksilat dapat membentuk ikatan hidrogen dengan sesamanya bahkan dimer( pasangan asam karboksilat yang berikatan hidrogen ) depat dijumpai dalam keadaan gas dari asam yang berbobot molekul rendah.

https://www.kimia100.com/?m=1

Karena adanya ikatan hidrogen, titik didih dan titik leleh asam karboksilat ebih tingi dibandingkan senyawa yang lainnya sebagaimana pada table dibawah ini. Semua asam karboksilat aromatik dan asam dikarboksilat adalah pudatan kristal pada suhu kamar.

https://www.kimia100.com/?m=1


Gugus karboksil dalam asam karboksilat bersifat polar dan mudah berikatan hidrogen dengan molekul air. Asam format, asetat, propionat, dan butirat bercampur sempurna dengan air tetapi kelarutan asam karboksilat yang berbobot molekul lebih besar, berkurang dengan tajam. Asam lemak amat menarik karena panjangnya ekor hidrokarbon yang non polar dan gugus karboksil yang polar. Bila sedikit asam lemak dijatuhkan ke permukaan air, senyawa tersebut menyebar membentuk lapisan ekamolekul, yaitu lapisan tipis satu molekul asam. Pada gambar dibawah ini memperlihatkan bagaimana gugus karboksil polar berikatan hidrogen dengan molekul air dan ekor yang nonpolar mencuat ke udara, yang bertindak sebagai pelarut non polar. Kebanyakan asam karboksilat larut dalam pelarut organik seperti etanol, aseton, atau eter, dan membentuk larutan.

https://www.kimia100.com/?m=1

No comments:

Post a Comment