Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, August 4, 2020

Amida Turunan Amonia dan Amina Dari Asam Karboksilat

0 comments
Belajar Kimia-Amida adalah himpunan amina atau amina dari asam organik, Senyawanya mungkin Sederhana, ber substituen satu atau dua, misalnya:

https://www.kimia100.com/?m=1


Kimia gugus fungsi amida

Keelektronegatifan oksigen dalam ikatan amida menarik pasangan elektron tanpatungan pada nitrogen amida ke arah oksigen. Karena elektron demikian itu tak tersedia untuk menerima proton, maka nitrogen amida sangat kurang sifat basanya dibanding nitrogen amina. Amida biasanya tidak menerima proton dalam larutan asam. Tetapi, amida berikatan hidrogen dengan sesamanya dan dengan air:

https://www.kimia100.com/?m=1


Ikatan hidrogen ini amat penting untuk mempertahankan struktur protein yang khas pada protein.

Menamai amida

Amida dinamai dengan membuang akhiran-at atau -oat dari asam induknya, diganti dengan-amida. Setiap substituen pada nitrogen amina dinamai dan diberi awalan N atau N, N seperti contoh berikut:

https://www.kimia100.com/?m=1


Amida yang terbentuk dari asam karboksilat dan anilina disebut anilina, contohnya ialah etanilida, terbentuk dari asam asetat dan anilin. Fenasetin, suatu analgetika (penawar nyeri) dan antipiretika (penurunan demam), juga suatu anilida. Tablet APC mengandung campuran aspirin, fenasetin, dan kafein.

https://www.kimia100.com/?m=1


Walau pun tulisan ini membahas amida dari asam karboksilat, bagian asam dari amida tidak perlu selalu asam karboksilat. Benzena Sulfonamida adalah contoh amida dari asam sulfonat. Gugus sulfonamida adalah bagian dari struktur sulfonamida dan obat sulfa lain yang digunakan sebagai antibiotika.

https://www.kimia100.com/?m=1

No comments:

Post a Comment