Jari-Jari Atom Sering Juga di Sebut Jari-Jari Kovalen

Jari-Jari Atom
Jari-Jari Atom



Jari-jari atom merupakan jarak dari pusat inti suatu atom ke elektron paling luar. 

Jari-jari atom ini di ukur berdasarkan pada panjang ikatan dalam suatu senyawa kovalen (senyawa yang mengandung ikatan kovalen) seperti pada Cl-Cl atau H-H kemudian di bagi dua. Nah karena sebab inilah jari-jari atom sering disebut juga dengan jari-jari Kovalen.

Nilai jari-jari atom difungsikan dalam satuan amstrong (A) dengan perbandingan 1 A= 10-8 cm.

Nah jari-jari atom ini juga berubah-ubah tergantung pada besarnya tarikan antara muatan inti dan elektron suatu atom. Jika tarikan makin besar maka jari-jari atomnya akan semakin kecil, begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh jumlah proton dalam inti atom dan jumlah elektron pada kulit terluar.

Inti atom dengan jumlah proton yang lebih besar akan memiliki tarikan yang besar pula terhadap elektron-elektron di kulitnya. Sehingga jari-jarinya akan lebih kecil. Pada tabel periodik atom dengan nomor yang besar cenderung jari-jari atomnya akan menurun.

Dalam kimia organik, atom akan saling berikatan dengan menggunakan ikatan kovalen. Nah konsep jari-jari atom ini akan sangat berguna dalam menentukan kekuatan ikatan pada ikatan kovalen.

0 Response to "Jari-Jari Atom Sering Juga di Sebut Jari-Jari Kovalen"

Post a Comment

Lifestyle, Passion and Habit