Featured Post

Ayo Belajar Struktur Kristal

Ayo Belajar Struktur Kristal
Ayo Belajar Struktur Kristal



Padatan pada umumnya dapat di bagi menjadi 2 kelompok yaitu Kristal dan Amorf. Es merupakan padatan kristal, yang mememiliki keteraturan yang kaku dan menjangkau jauh, atom-atomnya, molekul-molekulnya, bahkan ion-ionnya menempati tempat tertentu. Susunan yang terjadi dalam padatan kristal terbentuk sedemikian rupa sehingga gaya tarik-menarik antarmolekul neto pada keadaan maksimumnya. 

Gaya yang menyebabkan kestabilan kristal dapat berupa gaya ion, ikatan kovalen, gaya van der waals, ikatan hidrogen atau kombinaso semua gaya ini. Padatan amorf seperti gelas yang tidak memiliki susunan yang tertata dengan baik dan keteraturan molekul yang menjangkau jauh. 

Satuan dasar padatan kristal yang berulang disebut dengan sel satuan. Pada kristal terdapat titik kisi merupakan bola yang mewakili satu atom, ion atau molekul. Dalam banyak kristal titik kisi tidak sebenarnya sebenarnya mengandung satu atom, ion atau molekul melainkan mengandung beberapa yang secara khas tersusun disekitar setiap titik kisi. Namu agar lebih sederhana kita dapat menganggap bahwa satu titik kisi di tempati oleh satu atom.

Setiap padatang kristal dapat di tunjukan sebagai salah satu dari tujuh jenis sel satuan. Secara khusus bentuk sel satuan kubus adalah sederhana karena semua sisi dan semua sudutnya sama. Setiap sel satuan yang berulang dalam sejarah ruang tiga dimensi. Membentuk struktur kisi yang mencirikan satu padatan kristal.