Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, January 28, 2020

Uji Fitokimia Dengan Metode Culvenor-Fitregald Untuk Pemeriksaan Alkoloid

0 comments
Pemeriksaan alkaloid dilakukakan berdasarkan metode Culvenor-Fitregald menggunakan pereaksi Mayer dan Dragendroff. Hasil positif  alkaloid  pada  uji  Mayer  ditandai  dengan  terbentuknya  endapan putih.  Diperkirakan endapan tersebut adalah kompleks kalium-alkaloid. 

Pada  pembuatan  pereaksi  Mayer,  larutan merkurium(II) klorida ditambah kalium  iodida akan bereaksi membentuk endapan merah merkurium(II) iodida. Jika kalium  iodida  yang  ditambahkan  berlebih  maka  akan  terbentuk  kalium  tetraiodomerkurat(II). 

Alkaloid  mengandung  atom nitrogen yang  mempunyai   pasangan elektron bebas sehingga dapat digunakan untuk membentuk  ikatan kovalen koordit dengan ion  logam. Pada uji  alkaloid dengan pereaksi Mayer, diperkirakan nitrogen pada alkaloid akan bereaksi dengan ion logam K+ dari kalium tetraiodomerkurat(II) membentuk kompleks kalium-alkaloid yang mengendap. Perkiraan reaksi yang terjadi  pada  uji  Mayer ditunjukkan  pada Gambar berikut:


https://www.kimia100.com/
Perkiraan reaksi uji Mayer

Hasil  positif  alkaloid  pada  uji Dragendorff  juga ditandai dengan terbentuknya endapan coklat muda sampai kuning. Endapan tersebut  adalah  kalium-alkaloid. Pada pembuatan pereaksi Dragendorff, bismut nitrat dilarutkan dalam HCl agar tidak terjadi reaksi hidrolisis karena garam-garam bismut mudah  terhidrolisis membentuk  ion  bismutil  (BiO+),  yang  reaksinya ditunjukkan pada Gambar 2.4, agar ion Bi3+ tetap berada dalam larutan, maka larutan itu ditambah asam sehingga kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri, selanjutnya ion Bi3+ dari bismut  nitrat  bereaksi  dengan  kalium  iodida membentuk endapan hitam bismut(III) iodida yang kemudian  dilarutkan dalam kalium iodida berlebih membentuk kalium  tetraiodobismutat. 

Pada  uji  alkaloid  dengan  pereaksi Dragendorff, nitrogen digunakan untuk membentuk ikatan kovalen koordinat dengan K+ yang merupakan  ion  logam.

 Reaksi pada uji Dragendorff ditunjukkan pada Gambar berikut:


https://www.kimia100.com/
Perkiraan reaksi uji Dragendroft


No comments:

Post a Comment