Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Sunday, December 29, 2019

Tranformasi Senyawa Nitro

0 comments

Senyawa nitro adalah senyawa organik yang mengandung satu atau lebih gugus fungsional nitro (−NO2). Gugus nitro adalah salah satu kelompok senyawa yang paling umum untuk eksplosofor (kelompok fungsional yang membuat senyawa eksplosif) yang digunakan secara global. 

Kelompok nitro ini juga sangat menarik elektron. Karena karakteristiknya ini, ikatan alfa C−Ha (berdekatan) ke gugus nitro dapat bersifat asam. Untuk alasan yang sama, kehadiran gugus nitro pada senyawa aromatik menghambat Substitusi aromatik elektrofilik tapi memfasilitasi Substitusi aromatik nukleofilik. Gugus nitro jarang ditemukan di alam, hampir selalu diproduksi dari reaksi nitrasi dari asam nitrat.

Senyawa nitro alipatik lebih sedikit digunakan dalam sintesi dibanding dengan senyawa nitro aromatic, Namun demikian karboanion stabil bisa diperoleh dari karbon yang terikat dengan gugus Nitro dan karboanion tersebut dapat digunakan dalam berbagai reaksi. Senaywa nitro aromayik banyak digunakan dalam sintesis dan merupakan senaywa antara untuk mendapat senyawa lain seperti tergambar diabwah ini.

https://www.kimia100.com/
Tranformasi Senyawa Nitro

No comments:

Post a Comment