Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Wednesday, January 1, 2020

Transformasi Asam Karboksilat dan Turunan-Turunannya

0 comments
Apa itu Asam Karboksilat? Pernahkan sobat mendengar istilah asam ini? Asam yang seperti apakah itu? Berbahayakah? Hehehe daripada penasaran mari simak ulasan lengkap dari kami tentang senyawa yang sering disebut dengan asam alkanoat tersebut.

Asam karboksilat adalah senyawa organik yang identik dengan gugus karboksil. Gugus karboksil adalah gugus gabungan dari gugus karbonil dan hidroksil. Gugus ini terdiri dari dua atom okseigen, 1 atom karbon, dan 1 atom hidrogen, -COOH. Gugus karboksil ini terikat pada suatu gugus alkil (alkana yang kehilangan satu atom H).

Asam karboksilat termasuk kedalam kelompok senyawa polar dan ia membentuk ikatan hidrogen antar molekulnya. Jika asam ini dilarutkan dalam air akan menghasilkan asam lemah yang sebagian terionisasi menjadi ion H+ dan RCOO–.

Seperti apakah struktur dari asam karboksilat ini? Rumus dari asam ini ada dua R-COOH dan Ar-COOH. R merupakan gugus alkil dan Ar merupakan gugu Aril. Gugus alkil adalah senyawa alkana yang kehilangan satu atom hidrogen sedangkan gugus aril adalah senyawa benzena yang ada pada suatu molekul.
Contoh:

Perhatikan struktur molekul senyawa di atas, ciri khas yang dimiliki oleh asam karboksilat adalah adanya gugus karboksil (-COOH) yang merupakan gabungan dari gugus karbonil (-CO-) dan gugu hidroksil (-OH), disingkat menjadi karboksil.

Besarnya sudut antara ikatan antara ikatan rangkap C = O dan C-OH adalah sebesar 120o dengan panjang ikatan C = O sebesar 0,12 nanometer.

Asam karboksilat dapat diubah kebentuk ester dengan menggunakan alkohol dalam suasana asam. Khusus untuk ester metilik dapat juga dibuat dari asam karboksilat dan diazometan. Untuk ester yang lebih komplek dapat diperoleh dari reaksi alkohol dengan asil klorida atau dnegan anhidrida asam. Untuk lebih jelasnya berikut transformasi asam karboksilat dan turuna-turunannya:

https://www.kimia100.com/
Transformasi Asam Karboksilat dan Turunan-Turunannya

No comments:

Post a Comment