Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Thursday, March 5, 2020

Mengenal Tioalkohol dan Tioeter

0 comments
Belajar kimia kali ini akan membahas sedikit berkaitan dengan mengapa kok gas itu baunya menyengat, atau bawang putih itu baunya ekstrim, senyawa apa yang ada di dalamny?, penasaran baca sampai habis ya.

Tiol dan tioeter adalah analog sulfur dari alkohol dan eter

Seperti halnya alkohol dan eter adalah turunan dari air, tioalkohol dan tioeter adalah turunan organik dari hidrogen sulfida, H2S.

Tioalkohol dan tioeter Tioalkohol, senyawa dengan rumus umum R-S-H, disebut pula tiol. Tiol sering pula dinamakan merkaptan, nama yang diberikan karena kemudahannya 'menangkap' atau bereaksi dengan unsur merkuri.

Tioeter, senyawa dengan rumus umum R-S-R, juga disebut sulfida. Senyawa sulfur dikenali kimiawan sebagai zat yang berbau paling busuk dari semua senyawa organik.

Tetapi bau tidak enak ini kadang-kadang dapat dimanfaatkan juga. Gas alam tidak berbau, tetapi gas kota mempunyai bau khas karena perusahaan gas kota menambahkan sedikit metanatiol atau etanatiol ke dalam gas alam sehingga kebocoran pipa dapat dilacak.
https://www.kimia100.com/?m=1
Bau cairan yang diproduksi hewan segung melindunginya dari pemangsa, sebagian zat tersebut berasal dari dua tiol:
https://www.kimia100.com/?m=1

Walaupun dalam konsentrasi yang sangat rendah, bau beberapa tiol dan sulfida dapat tercium di dapur. Bau tajam dari bawang merah berasal dari propanatiol, dan rasa khas dari bawang putih datang dari vinil sulfida.

https://www.kimia100.com/?m=1

No comments:

Post a Comment