Mekanisme Reaksi Hidrasi Alkena - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Wednesday, April 8, 2020

Mekanisme Reaksi Hidrasi Alkena

Oleh: Ihsan Ikhtiaruddin

1.    Reaksi hidrasi dengan menggunakan asam encer
Belajar Kimia-Jika alkena direaksikan dengan asam encer, maka yang bereaksi adalah air. Pada reaksi ini akan dihasilkan alkohol mengikuti aturan Markovnikov. Atom H+ dari asam akan masuk pada karbon berikatan rangkap yang mengikat H lebih banyak, sedangkan gugus OH dari air akan masuk pada karbon rangkap yang lainnya. 

https://www.kimia100.com/

Reaksi hidrasi alkena ini berlangsung dalam dua tahap. Pada tahap pertama, ikatan π alkena yang bersifat sebagai nukleofil menyerang atom Hδ+ dari asam, sehingga dihasilkan karbokation. Selanjutnya, pada tahap kedua, molekul air (H2O) akan menyerang karbokation, sehingga dihasilkan suatu alkohol. Untuk memahami lebih lanjut mengenai mekanisme reaksi hidrasi pada alkena tersebut, Anda dapat melihat gambar berikut.

https://www.kimia100.com/

2.    Reaksi hidrasi dengan menggunakan asam pekat

Jika alkena direaksikan dengan asam pekat (H2SO4), maka yang bereaksi adalah anion asamnya (HSO4- atau HOSO3-). Pada reaksi ini, ion H+ asam sulfat akan masuk pada karbon berikatan rangkap yang mengikat H lebih banyak, sedangkan anion HOSO3- dari asam sulfat tersebut akan masuk pada karbon rangkap yang lainnya. 

https://www.kimia100.com/


Tahap awal mekanisme reaksi hidrasi alkena dengan asam sulfat pekat ini mirip dengan mekanisme reaksi hidrasi dengan asam encer. Namun, pada tahap kedua, yang menyerang karbokation bukanlah air, tetapi anion sisa asamnya (HOSO3-) . Untuk memahami lebih lanjut mengenai mekanisme reaksi hidrasi menggunakan asam sulfat pekat tersebut, Anda dapat melihat gambar berikut.

https://www.kimia100.com/

No comments:

Post a Comment