Kondensasi Aldol Menggunakan Katalis Basa - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Wednesday, May 13, 2020

Kondensasi Aldol Menggunakan Katalis Basa

Belajar Kimia-Hidrogen yang terletak pada atom karbon yang berdekatan dengan ikatan rangkap karbon-oksigen bersifat asam dan dapat dengan mudah dipindahkan oleh basa. Bila suatu aldehid diolah dengan basa seperti NaOH akan membentuk ion enolat yang dapat bereaksi dengan gugus karbonil dari molekul aldehid yang lain.           

https://www.kimia100.com/
  Ion enolat bereaksi dengan suatu molekul aldehid lain dengan cara mengadisi pada karbon karbonil untuk membentuk suatu ion alkoksida, yang kemudian merebut sebuah proton dari dalam air untuk menghasilkan aldol produk itu.

        https://www.kimia100.com/

Suatu senyawa karbonil β-hidroksi (seperti suatu aldol) mudah mengalami dehidrasi, karena akan membentuk ikatan rangkap yang berkonjugasi dengan gugus karbonilnya. Oleh karena itu suatu aldehid tak jenuh- α, β dapat dengan mudah diperoleh sebagai produk suatu kondensasi aldol.

 https://www.kimia100.com/

Bila dehidrasi menghasilkan suatu ikatan rangkap yang berkonjugasi dengan suatu cincin aromatik, seringkali dehidrasi itu berlangsung sertamerta (spontan), bahkan juga dalam larutan basa.

https://www.kimia100.com/


 

No comments:

Post a Comment