Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, May 19, 2020

Reaksi Radikal-Bebas Senyawa Organologam

0 comments


Belajar Kimia-Banyak senyawa organohalogen dibuat dalam skala industri oleh reaksi antara hidrokarbon dan halogen, dua bahan baku yang tidak mahal. Reaksi-reaksi halogenasi langsung sering berjalan secara eksplosif, dan hampir tanpa kecuali, menghasilkan campuran produk. Karena alasan-alasan inilah halogenasi langsung hanya kadang-kadang saja digunakan dalam laboratorium.
https://www.kimia100.com/?m=1

Reaksi-reaksi halogenasi langsung berjalan dengan mekanisme radikal bebas (free radical mechanism), yang berlainan dari mekanisme-mekanisme yang dibahas sebelumnya. Reaksi radikal bebas penting dalam proses biologi. Misalnya, organisme memanfaatkan oksigen dari udara lewat se deretan reaksi yang diawali dengan oksidasi-reduksi radikal bebas. Mentega dan lemak lain menjadi tengik sebagian karena reaksi radikal-bebas dengan oksigen.

Senyawa organologam (organometalik) adalah pokok pembicaraan kedua yang banyak di bicarakan. Reaksi-reaksi senyawa ini secara berkala muncul. Kebanyakan senyawa organologam dibuat dari alkil halida.

https://www.kimia100.com/?m=1

No comments:

Post a Comment