Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Saturday, May 9, 2020

Sukrosa Adalah Gula Dari Getah Tumbuhan dan Laktosa Ada Dalam Susu

0 comments
Belajar Kimia-Gula yang paling dikenal adalah gula pasir, atau sukrosa. Sukrosa diperoleh dari sari atau getah beberapa tanaman seperti tebu, bit, dan pohon maple. Produksi sukrosa dunia dari sumber tersebut lebih dari 7 milyar kg per tahun. Molekul sukrosa ialah disakarida yang terdiri dari alfa-D-glukosa dan beta-D- fruktosa

Berdasarkan strukturnya, hubungan antara glukosa dan Fruktosa dalam sukrosa tidaklah lazim di antara kelompok gula, karena hubungan itu mengakibatkan kedua jenis gula menjadi glikosida. Hidrolisis sukrosa oleh asam atau enzim menghasilkan gula invert, yaitu campuran glukosa dan laktosa dengan jumlah mol yang sama.

Madu adalah sumber alam yang kaya akan gula invert. Gula invert juga diproduksi socara niaga dan digunakan sebagai pemanis dalam bentuk non kristal. Sirup seperti lendir yang meyelimuti ceri berlapis coklat adalah salah satu kegunaan gula invert.

Manisnya gula invert dan gula pasir hampir sama, karena glukosa kurang manis, tetapi fruktosa lebih manis dibanding sukrosa.

https://www.kimia100.com/?m=1


Sebagai bahan pangan, sukrosa bernilai kalori tinggi. Jadi orang yang gemuk bergantung pada pemanis buatan seperti sakarin, yang 500 kali lebih manis dibanding gula. Dulu, kalsium siklamat (bahan kimia yang 30 kali lebih manis dibanding gula) bersaing dengan sakarin sebagai pemanis buatan, tetapi penggunaannya sekarang dilarang karena dicurigai sebagai penyebab kanker. Masa depan sakarin juga belum jelas, alasannya sama seperti siklamat.

https://www.kimia100.com/?m=1

Laktosa, atau gula susu, menyusun 5% dari susu sapi dan 7% dari susu ibu. Laktosa murni diperoleh dari whey (beningan sebagai hasil ikutan produksi keju). Laktosa tersusun dari satu molekul D-galaktosa dan satu D-glukosa. Ikatan glikosida di antara gula melibatkan karbon anomerik dari galaktosa, karena itu laktosa berupa suatu galaktosida, bukan glukosida. Hubungan antara kedua unit gula ialah beta(1-4).

https://www.kimia100.com/?m=1

Ikatan glikosida di antara bagian D-galaktosa dan D-glukosa dari laktosa dapat dipatus Ash carim laktase. Kekurangan laktase lazim dijumpai pada bayi keturunan bangsa Arab, bangsa timur, dan Afrika. Orang Eropa secara statistik paling tidak mengalami kekurangan. Penderita kekurangan laktase bila mencerna laktosa akan mengalami kejang perut, pembentukan gas perut dan mencret. Mengganti susu ibu dengan susu sapi dapat mengatasi gejala ini. Kekurangan laktase biasanya lebih mempengaruhi orang dewasa dibanding anak-anak karena produksi laktase menurun dengan bertambahnya usia. Beberapa ahli memperkirakan satu dari tiga orang Amerika dewasa tidak tahan terhadap laktosa (pada tingkat tertentu).

No comments:

Post a Comment