Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Friday, July 3, 2020

Ester anorganik (Asam nitrit dan nitrat membentuk ester yang penting)

0 comments


Belajar Kimia - Alkohol bereaksi dengan asam nitrit (HNO2) untuk menghasilkan alkil nitrit, dan dengan asam nitrat (HNO3) untuk menghasilkan filtrat. Gliserol dan asam nitrat menghankan ester gliseril trinitrat, dan nitrogliserin.

Kimia100.com


Nitrogliserin adalah cairan tak stabil, peka terhadap getaran, mudah meledak, dan berwarna kuning pucat. Mula-mula dibuat tahun 1846 oleh ilmuwan Italia, Sobrero, Kimiawan Swedia Alfred Nobel, menyempurnakan sintesis ini dan menyusun metode yang aman untuk menanganinya. Nobel mencampur nitrogliserin dengan kieselguhr, suatu bahan pet mirip tanah liat. Hasilnya ialah dinamit, bahan peledak yang tidak peka getaran. Sejak pengembangan ini, dinamit, menjadi penting dalam pembangunan kanal bendungan dan jalan. Peledak ini berperan penting dalam peperangan. 

Nitrogliserin dan isoamil nitrit, yaitu ester dari asam nutrit, telah dimanfaatkan sebagai obat selama lebih dari seabad.

Kimia100.com


Keduler ester ini. bila dihirup atau diminum sebagai tablet, menghasilkan pengenduran relasi dan pelebaran pembuluh darah. Obat ini digunakan oleh penderita angina pectoris yaitu sakit dada akibat kurangnya pasok oksigen ke otot jantung. Isoamil nitrit juga merupakan senyawa aktif dalam penggunaan obat yang sering disalahgunakan dengan nama popper.

No comments:

Post a Comment