Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Friday, July 3, 2020

Hidrolisisi Fosforilasi

0 comments
Belajar Kimia - Hidrolisis dan fosforilasi dapat kita lihat bahwa anhidrida asetat dapat diputus oleh hidrolisis untuk membentuk asam asetat, dan dalam reaksi asetilasi, asam asetat dapat bereaksi dengan alkohol untuk membentuk ester, Anhidrida asam fosfat dapat melakukan hal yang sama.

Dalam hidrolisis, anhidrida asam fosfat berubah kembali menjadi asam fosfat:

Kimia100.com


Hidrolisis asam fosfat dapat dianggap sebagai pengalihan gugus fosforil (-PO3H 2) ke pada air, sama seperti hidrolisis anhidrida asetat mengalihkan gugus asetil kepada air.

Dan, karena pengalihan gugus asetil kepada alkohol gugus fungsi lain dinamakan asetilasi, pengalihan gugus fosforil kepada alkohol utau gugus fungsi lain disebut fosforilasi. Berikut adalah reaksi fosforilasi yang khas:

Kimia100.com


Reaksi fosforilasi jenis ini amat penting dalam biokimia. Adenosin trifosfat (ATP), suatu monoester dari asam trifosfat, adalah senyawa pengalih gugus fosforil alami. ATP dalam sistem hayati digunakan untuk mengalihkan gugus fosforil kepada air, gula, protein, dan asam nukleat. Pengalihan energi dalam makhluk hidup berasal dari reaksi fosforilasi ini.

No comments:

Post a Comment