Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Friday, September 25, 2020

Mengenal Poliamida Lebih Dalam

0 comments
Belajar Kimia-Poliamida adalah polimer yang unit monomernya dihubungkan melalui ikatan amida. Nilon, bahan yang dikenal oleh hampir semua orang, adalah poliamida. Nilon 66 adalah poliamida pertama yang diniagakan. 

Nilon 66 mendapat namanya dari unit ulangan asam adipat (asam dikarboksilat dengan enam karbon) dan 1,6-diaminoheksana (diamina dengan enam karbon). Polimer ini dibuat dengan memanaskan asam karboksilat dan amina, ikatan amida terbentuk dan molekul air terlepas:

https://www.kimia100.com/?m=1

Polimer-jadi berbobot molekul sekitar 10.000 dan bertitik leleh 250°C. Lelehan polimer dapat dipintal menjadi serat halus yang kuat. Karena sifat ini, nilon 66 dengan cepat menggantikan sutera alam untuk membuat pakaian dalam wanita.

Sekarang, sebagian besar nilon 66 telah diganti oleh nilon 6, yang sifatnya sama, hanya biaya produksinya lebih murah. Unit wakil dari polimer nilon 6 berasal dari asam 6-aminoheksanoat: rantai polimer yang panjang terbentuk melalui pelekatan (satu demi satu) gugus karboksil dari satu molekul asam dengan gugus amino dari molekul berikutnya, melalui pembentukan ikatan amida:

https://www.kimia100.com/?m=1

Nilon 6 dipintal menjadi serat untuk permadani, serat ban, dan tekstil. Dapat pula dicetak menjadi gigi mesin dan resleting.

Nomex adalah poliamida yang kerangka karbonnya terdiri dari cincin aromatik yang berasal dari asam isoftalat dan m-fenilenadiamina:

https://www.kimia100.com/?m=1

Seperti nilon, Nomex adalah penghantar listrik yang buruk, dan karena lebih kaku dibanding nilon, digunakan dalam pembuatan alat listrik.

Protein adalah poliamida alami yang tersusun dari asam amino. Senyawa ini termasuk paling penting dari semua molekul hayati.


No comments:

Post a Comment