Instrumetasi Menurut Konfigurasinya Pada Spetroskopi UV/Vis - BELAJAR KIMIA

Latest

Media Belajar dan Memahami Ilmu Kimia

Tuesday, April 7, 2020

Instrumetasi Menurut Konfigurasinya Pada Spetroskopi UV/Vis

Belajar Kimia kali ini akan mencoba mengulas sedikit Instrumetasi Menurut Konfigurasinya Pada Spetroskopi UV/Vis, yuk disimak.

Single Beam Spektrometer (berkas tunggal)
Radiasi dari sumber sinar, masuk kedalam monokromator dimana oleh prisma atau kisi defraksi radiasi ini akan diuraikan. Dengan memutar kedudukan prisma atau kisi defraksi maka panjang gelombang yang diinginkan dapat dipilih untuk meradiasi sample. Radiasi yang telah melewati sampel akan diterima oleh detektor yang selanjutnya akan diubah menjadi sinyal listrik dan diperkuat oleh amplifier. Besarnya intensitas sinar yang diterima oleh detektor akan ditampilkan dalam bentuk simpangan jarum pada meter penunjuk atau angka digital pada penampil data.
Double Beam Spektrofotometer (berkas ganda)

https://www.kimia100.com/


Ada dua jenis sistem double beam:
1. Double Beam in Space
sumber sinar dibagi dua dengan menggunakan dua buah cermin yang dipasang membentuk sudut tertentu, setelah kedua berkas sinar tersebut melewati sampel dan pembanding. Masing-masing berkas sinar diterima oleh dua buah detektor yang terpisah, hasil pembacaan oleh kedua detektor ini dibandingkan, selisih pembacaan kedua detektor ini menggambarkan nilai absorban dari sampel

https://www.kimia100.com/
 
2. Double Beam in Time.
sumber sinar dibagi dua dengan menggunakan kipas pemotong (chopper) yang berupa cermin. Ketika sinar melewati bagian kipas yang berlobang, maka sinar akan diteruskan sehingga mengenai sampel, tetapi sewaktu sinar mengenai bagian kipas yang berupa cermin, maka sinar akan dipantulkan sehingga mengenai referen (pembanding). Detektor akan menerima kedua sinar ini kembali dengan selang waktu tertentu bergantung pada perioda perputaran kipas (chopper) secara bergantian. 

https://www.kimia100.com/


No comments:

Post a Comment